ANDA SEDANG MEMBACA

ANDA SEDANG MEMBACA

Kamis, 03 Oktober 2013

You are here : Home » Analisa » Antara SonGoku Dan Nabi Adam

Antara SonGoku Dan Nabi Adam

Begitu banyak karya cipta manusia dalam hal ini pembuatan tokoh-tokoh khayalan yang oleh para kreatornya dituangkan ke berbagai bentuk bacaan atau juga media film.

Contohnya saja yang akan kita bahas di sini mengenai salah satu karakter yang saya ambil dari komik Jepang ternama, Dragon Ballz.
songoku, son goku, dragon ball,
Gambar SonGoku : Google.

*******************

Siapa SonGoku ??

SonGoku sejatinya bukan manusia Bumi.

Bagaimana mula kejadiannya ??

Di ceritakan bahwa di luar sana terdapat planet-planet yang juga dihuni mahluk. Saat Goku masih bayi, keadaan planet Saiya sedang dilanda peperangan yang mengakibatkan banyak pertumpahan darah.

Untuk menyelamatkan keturunan Saiya, di kirim lah bayi-bayi Saiya ke luar planet melalui pesawat angkasa yang berbentuk bola besi besar dengan daya lesat seperti roket hingga di suatu kisah akhirnya Goku ini terdampar di planet Bumi tercinta.

************************

Riwayat Goku ini mengingatkan saya pada sejarah Nabi Adam yang kehidupannya tentu lebih bermanfaat untuk di pelajari. Saya kepikiran, mengapa sejarah Goku ini ada memiliki kesamaan dengan sejarah Adam.

Apa jangan-jangan Akira Toriyama (Pengarang Dragon Ball) diam-diam terinspirasi dari kitab suci Alquran. Maksud saya inilah point-point yang menjadi kesamaan nya.

Point 1.

Dragon Ball bercerita, di luar sana terdapat planet-planet yang juga di huni mahluk. Point 1 ini persis dengan keterangan yang di beritahukan Alquran, tepatnya surat 42/29.

Surat 42/29:

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan Allah
 ialah penciptaan planet-planet dan Bumi 
BESERTA MAHLUK MELATA (Manusia dan Hewan)
yang Dia sebarkan pada keduanya
Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan seluruhnya jika Dia menghendaki."

Point 2.

Goku bukan asli penduduk Bumi, ia di kirim dari planet yang sedang mengalami peperangan dan pertumpahan darah. Point 2 ini mirip dengan kisah Adam. 

Kita tahu Adam juga bukan asli penduduk Bumi. Ia bersama Hawa di kirim oleh Allah dari planet Muntaha ke Bumi. Baca tulisan tentangnya di sini.

Perhatikan surat 2/30, di dalamnya terdapat keterangan betapa Malaikat khawatir apabila Allah mengirim Adam ke Bumi, maka Bumi pun menjadi tempat pertumpahan darah seperti yang sedang terjadi di planet asalnya Adam. Tetapi di situ di jelaskan lagi, Allah punya jalan cerita yang tidak akan terpikirkan oleh Malaikat.

***********

Dari kedua point di atas seharusnya bisa membuat kita takjub betapa Alquran mendahulukan dari apa-apa yang sedang terjadi, apa-apa yang di imajinasikan manusia, dan apa-apa yang di rencanakan manusia.

Jadi bagaimana menurut pembaca ??

Apakah kisah Goku dalam Dragon Ballz lebih menarik minat baca Anda ?? atau kisah Nabi Adam dalam Alquran yang lebih nyata dan menantang untuk di telusuri ???
 

6 komentar:

  1. sangat bermanfaat gan.makasih infonya.

    BalasHapus
  2. pengalaman dan pengetahuan baru ini...

    BalasHapus
  3. Sperti film Superman juga bang. Asalnya dari planet Crypton.

    BalasHapus
  4. setau saya Adam dan Hawa diturunkan dari tempat sebelumnya entah Surga atau Planet Muntaha whatever this, krna mreka memakan buah khuldi, artinya mreka telah melanggar larangan yg dibwt oleh Allah kpd mreka. jd bukan krna pertumpahan darah di tempat mreka itu.

    BalasHapus
  5. Sepertinya di AQ tidak ada nama Hawa, hanya disebut pasangan, juga buah khuldi, yang dilarang Allah adalah mendekati pertumbuhan, itu ceritanya sangat menarik, silahkan baca di buku ilmuwan Nazwar Syamsu

    BalasHapus
  6. gan ini mah mantep gan...ane kemek dulu gan

    BalasHapus